24 September 2008

Tips Seleksi CPNS

Kemarin siang sewaktu jalan-jalan, tak sengaja aku melihat kerumuman orang yang sedang antri mengurus Surat Keterangan Pencari Kerja atau yang bisa disebut Kartu Kuning di Departemen Tenaga Kerja (Depnaker).

Pikiranku langsung teringat empat tahun yang lalu, waktu itu aku juga sama seperti mereka berdesak-desakan, mengantri Kartu Kuning, apalagi kalau tidak untuk digunakan melamar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Tapi aku lebih beruntung karena waktu itu belum memasuki bulan suci ramadhan sehingga tidak perlu menahan lapar, dahaga apalagi emosi. Alhamdulillah setahun kemudian aku bisa keterima walaupun di lain kabupaten dan harus jauh dari rumah tepatnya di kabupaten sragen (Aku asli Purwodadi;) )
Saat ini rasanya menjadi pegawai negeri masih menjadi idaman bagi setiap orang, disamping gajinya yang lumayan, kerjanya juga tidak terlalu berat( tapi tergantung orangnya juga ya...). Jaminan dihari tua juga ada, kurang apa lagi... apalagi kalau masih hidup di daerah pedesaan, status sosial jelas lebih terangkat, tapi resikonya di masyarakat sepertinya seorang PNS dijadikan panutan bagi warga, jadi mau tidak mau perilakunya harus baik tidak bisa seenaknya sendiri. Dan yang pasti lagi kalau ada tetangga punya gawe pasti yang paling repot, pasti juga dimintai tolong walaupun cuma pikiran. Karena mereka mengganggap seorang pegawai negeri lebih pintar dan berpengalaman ( hayyah sok iye..:D )

Kembali soal CPNS tadi, saya punya beberapa trik buat sobat atau teman-teman yang ingin mengikuti seleksi CPNS. Begini klo ingin tahu trik dari saya dan entah kebetulan apa tidak tapi berhasil:

1. Niat sungguh-sungguh untuk menjadi seorang CPNS. Niat jangan cuma niat, tapi juga diimbangi dengan usaha yang keras, seperti belajar dengan sungguh-sungguh.
2. Optimis,, Anda harus optimis kalau anda bisa mengerjakan soal-soal cpns dan bisa diterima menjadi CPNS. Dimanapun sikap dan berpikiran positip akan mendapat hasil yang memuaskan juga yang tentunya diimbangi dengan usaha.
3. Berdoa... Ini yang paling penting, bagi rekan-rekan yang muslim setidaknya melakukan sholat malam dan berdoa.. karena disini jantungnya dari semua usaha kita dan menjadi pangkal dari usaha kita. Tentunya berat sekali mengerjakan sholat malam (tahajud :)..) dan berdoa memohon kepada Allah SWT. Justru demikian itu menjadikan kita lebih semangat untuk mengejar impian kita, dengan logikanya hanya orang yang mau berusaha saja yang bisa berhasil. Sholat malam termasuk juga usaha, bagi sebagian kebanyakan orang bangun pagi untuk melaksanakan sholat subuh aja malas-malasan apalagi sholat malam disaat lagi enak-enaknya tidur.. (tapi buat pengatin baru mungkin saat itu yang paling enak-enaknya ML..Hee..he..;) )
4. bersilahturokhim, karena silatuhrokhim banyak manfaatnya dan jangan lupa setiap kesempatan bertemu dengan teman entah tukang parkir, penjual koran, atau siapa saja. Minta doanya aku dulu bergini ngomongnya "doakan aku bisa keterima cpns ya" pasti orang yang dimintai akan bilang "Amin". kan sudah dicatat.....
5. Ini yang penting juga. Anda harus mempunyai strategi dalam mengerjakan soal-soal.
Ketika saya dulu mengerjakan soal cpns, ada beberapa hal yang diujikan seperti:
- Tes Skolastik
- Tes Pengetahuan Umum
- dll (aku agak lupa)
poin yang paling penting ( menurutku ya..) sebetulnya terletak pada tes skolastiknya, dan itu terbukti pada waktu aku keterima cpns tahun 2005 yg lalu.

Targetku waktu itu bisa mengerjakan test skolastik dengan sempurna, karena secara logika menurutku tes skolastik mempunyai prosentasi (Bobot) penilaian yang lebih besar dibandingkan soal-soal yang lain ( Itu menurut aku lho..). maka menurut saya, anda lebih banyak mencari soal-soal tentang latihan test skolastik. Sebenarnya gampang, tapi karena waktunya terbatas jadi kita harus banyak berlatih. Tapi jangan lupa soal-soal yang lain seperti pengetahun umumnya juga harus dipelajari.

Ini saya juga sertakan latihan soal-soal CPNS yang kebetulan juga aku dapatkan lewat internet. tapi rata-rata soalnya hampir sama.
Smoga bagi teman-teman, adik-adik juga rekan-rekan bisa keterima dalam seleksi CPNS tahun ini ya... ini kesempatan jangan buang kesempatan ini, karena kalau tidak salah sejak tahun 2006 pemerintah baru buka cpns dari formasi umum serempak se Jawa tengah pada tahun ini (Insya Allah Oktober klo gak salah...)

Demikian beberapa tips dari saya semoga berguna.
Jangan lupa.. Optimis...



10 komentar:

  1. huaaaaaaa,,,kk baik sekali mau membagi pengalaman. lagi sibuk apa kak? semoga hari ini indah :)

    BalasHapus
  2. wakaka..... udah ganti tampilan ni ye.....
    Makanya bagi yang sudah jadi PNS harus sungguh-sungguh dalam bekerja. Dan ingat pada waktu mendaftar yaitu NIAT.

    BalasHapus
  3. ..salam kenal
    makasih untuk infonya yg bermanfaat..

    BalasHapus
  4. tipsnya bagus. untuk informasi, cpns daerah tahun 2008 ini ada tes skala kematangan

    BalasHapus
  5. makasih infonya,kalau insidegrobogan punya tips, tolong bisa ditambahkan di posting komentar ini...

    BalasHapus
  6. komentar anda sangat berarti dan menambah semangat saya untuk mengikuti seleksi cpns.... dana saya mohon doa dari bapak juga... semoga saya lolos tes seleksi nanti.... Amin

    BalasHapus
  7. Masih kurang satu bu, pergi ke mbah dukun ... nanti potelot (pensil) yang digunakan untuk ngerjain test di push-push dari sana....pasti manjur lho....
    hehehe
    hahaha

    tapi ingat lho, semuanya dari Allah SWT.
    Mau diterima atau gak yang penting bersyukur...
    betul begitu bu?

    BalasHapus
  8. wah, seandainya gak jadi PNS, aku mau kok jadi suaminya PNS.....hehehe. Gimana Mbak?

    BalasHapus
  9. Ass.
    Alhamdulillah Saya Sepengalaman Sama Mba...
    Kalau ada orang yang menganggap remeh niat baik mba, saya aneh, seperti pada beberapa komentar diatas, padahal betapa berat pengorbanan seorang CPNS "murni" untuk menjadi PNS ya mba, Alhamdulillah kita dapat diberikan barokahnya, mudah2an untuk saudara2 kita dan adik2 kita kelak ya mba, bukan yang dengan enaknya mengejek dan meremehkan niat baik dan gigih para pencari kerja terutama CPNS. Semangat terus adik2 ku. Wass.

    BalasHapus
  10. maturnuwon infonya..
    kl gitu aku sambil silaturahmi di blog nya mba, minta doanya ya, insya Allah tgl 5 des tes cpns untuk lampung..
    mohon doa dari teman2 yang lain jg ya..
    trims sebelumnya
    ^^

    BalasHapus



Terima kasih atas komentarnya