16 Oktober 2008

Usaha Buat Undangan Sendiri Bagian 1

Bagi anda yang sudah pernah atau segera menikah, pasti anda membutuhkan yang satu ini, apa itu..? Jawabnya "UNDANGAN ". Lalu bagaimana cara mendapatkan undangan ini? bagi yang uangnya gedhe bisa langsung ke tempat percetakan dan bisa memilih-milih jenis undangan yang mau dipesan, tetapi bagi yang duitnya pas-pasan, bagaimana solusinya?
Sebelumnya ada satu pertanyaan dari saya untuk anda, Pernahkah anda terlintas dalam benak anda untuk mencoba membuat sesuatu yang kita anggap susah dan kelihatannya mahal? Kalau jawabannya TIDAK PERNAH jangan teruskan membaca artikel ini, dan jika jawaban anda PERNAH mari bersama saya mengupas tuntas tentang Cara pembuatan undangan baik untuk diri sendiri atau untuk orang lain Yang akan kita bahas sekarang yaitu membuat undangan sederhana dengan satu warna dulu.

Secara garis besar membuat undangan meliputi beberapa tahap:
1. Desain dan setting
2. Pilih Kertas
3. Cetak
4. Finishing

yang pertama :
1. Desain undangan
- Kita mendapatkan bermacam-macam contoh desain undangan salah satunya dengna mencari undangan-undangan bekas atau memanfaatkan hasil kreatifitas orang lain untuk membuat undangan. Bajak-membajak dalam desain undangan hukumnya sudah biasa dalam dunia percetakan.
- Kalau kita sedikit kreatif kita coba membuat undangan sesuai dengan keinginan kita, kalau anda bisa setting akan lebih bagus lagi karena bisa mengemhemat pengeluaran.
- Jika kita tidak bisa mensetting sendiri, kita bisa gunakan tempat jasa desain dan setting,, kalau di tempatku ongkos setting sangat murah. Memang rata-rata masih banyak copy paste dan tinggal ganti teks nya saja.
- Setelah settingan sudah jadi, kita perlu membutuhkan master paper plate /seng sebagai master pencetakan pada kertas. Di tempat-tempat jasa desain dan setting bisanya sudah menyediakannya, ada yang langsung dicetak ke master papernya ada yang menggunakan alat seperti fotocopy ( Gak Tahu namanya apa)untuk membuat masternya, ini untuk master yang paper. Kalau untuk yang plate seng prosesnya beda lagi lebih rumit, dan tentunya lebih mahal.

2. Sekarang kita pilih kertas yang akan dicetak
Ada berbagai macam jenis kertas, Ada kertas BC, Ivory, Paper Art, limen dll. Yang paling sering digunakan untuk membuat undangan sederhana adalah kertas BC. Biasanya ditoko dengan ukuran folio dijual dengan harga perlembar Rp. 150-200,- Klo kita beli per seratus biasanya 14.000,- untuk warna putih. Kita bisa membeli dalam ukuran Plano, folio dll.
Di toko-toko kertas biasanya menyediakan mesin potong, potong kertas sesuai dengan ukuran pada desainnya dan biasanya ditambah 1 cm untuk panjangnya sebagai jepitan pada mesin cetak.

2. Cetak
Setelah Kertas dan Master sudah ada, kita bawa semuanya ketempat Jasa Cetak. Kalau didaerah Solo biasa di daerah pasar kliwon, disana malah sudah lengkap dari toko kertas, jasa desain setting dan jasa cetak.
Model dan merk mesin cetak ada banyak macamnya, dari yang namanya mesin Toko, Hamada, Ryobi dll. Biasanya klo untuk mencetak kertas kop, undangan 1 warna dan ukuran kertas tidak lebih dari ukuran Folio kita bisa memanfaatkan jasa mesin toko, tapi jika hasilnya ingin sempurna kita bisa gunakan mesin cetak Hamada, Ryobi.

Sebagai Gambaran, kita mencetak undangan 2 muka, 1 muka untuk sampul dan 1 (satunya) lagi untuk isi undangan (bagian dalam). Berarti kita harus mencetak bagian depan dan dalam. Ongkos jasa cetak bervariatif, ada yang Rp. 3000 per rim (500 lbr HVS) tetapi dengan minimal oplah cetakan sebanyak 5 Rim. Dan untuk kertas tebal seperti BC, biasnya Rp. 10 - 15 per cetak dengan minimal cetak 500 - 1000 lembar tergantung yang punya mesin. Jadi kalau kita mencetak 2 muka ongkos cetaknya 30 rupiah x 1000 = Rp. 30.000,-. Coba bayangkan!! sangat murah kan. Kalau kita men Sablon 1000 lembar bolak balik, tentunya makan waktu dan tenaga yang ekstra.
Mencetak 1000 lembar dibutuhkan waktu kurang dari 1 jam, tergantung pengalaman Operator mesin cetaknya.

4. Finishing
Setelah cetakan sudah selesai, kita tinggal melipat undangan sesuai dengan desainnya. Masukkan kedalam plastik dah tinggal diantar.... selesai.

Estimasi biaya membuat undangan 1000 lembar Ukuran 14 cm x 20 cm:
1. Ongkos Desain dan setting @ Rp. 5000 permuka : Rp. 10.000,-
2 Ongkos Master paper plate (2 lembar)@ RP.5000 : Rp. 10.000,-
3. Beli kertas
Kertas BC Perseratusnya Rp. 14.000 X 10 : Rp. 140.000,-
4. Ongkos cetak
perlembar Rp.15,- x 2= Rp. 30,- x 1.000 lbr : Rp. 30.000,-
5. Plastik ukuran 14 x 22 Perpack isi 100 : Rp. 50.000,-
harga Rp.5000,- x 10
6. Transport (beli bensin atau rokok : Rp. 50.000,-
Jumlah Rp. 290.000,-

Jadi untuk membuat 1000 lembar undangan dibutuhkan dana Rp.290.000, jadi klo dibagi 1000 perlembarnya butuh biaya Rp. 290,-
Undangan yang kita buat ini kalau dipasaran atau ditempat Percetakan dijual dengan harga antar Rp. 700 s/d Rp. 1000 perlembar.
Kita ambil tengahnya saja Rp. 800,- kita kalikan 1000 = Rp. 800.000,
Modal kita Rp.290.000,- kita bisa untung Rp. 800.000 - Rp.290.000= Rp. 510.000,-
Waktu pengerjaannya kalau pas gak antri jasa cetaknya 1 hari bisa kelar, klo rame paling 2 hari kelar..
Gampang kan.. Untuk yang akan datang saya akan coba bahas tentang cetak Separasi (FUll COLOR 4 warna).
Bagi anda yang punya pengalaman tentang cetak mencetak bisa ditambahkan di Kotak komentar di bawah ini. Tulisan ini jauh dari sempurna, masih banyak hal yang mungkin saya lupa cantumkan disini dan mohon dikoreksi. Semoga bermanfaat....

20 komentar:

  1. wah aku juga pernah buat undangan sendiri waktu nikah dulu, lumayan deh, dengan kertas A4 150 gram ful color depan belakang sekalian di kasih vernis biar mengkilat, semua cuma habis 1 juta plus wira-wiri ke solo dan jajan sekitar 250 ribunan(klo biaya ini tergantung perut masing-2 hehehe) dengan jumlah undangan 1500 exemplar. lumayan khan?
    tapi aku masih blom puas karena blum pengalaman mungkin, undangan yang ku print pakai printer bagus, tapi kita cetak gak sesuai dengan hasil cetak printer
    munkin ada trik untuk itu aku blom tahu....

    Bu Umi klo mo konek hotspot bisa pakai user:coba dengan pasword:tkj.

    nanti saya buatkan user sendiri, ni dipanggil bose dulu

    BalasHapus
  2. wow, menarik sekali bu tulisannya
    secara aq berencana nikah tahun ini
    tapi keknya aq ga sempet klo mo bikin undangan sendiri
    tapi ini bisa jadi usaha yg bagus kelak
    hehe

    BalasHapus
  3. Makasih Pak WIdo... Coba nanti aku pakai.
    Kualitas hasil cetakan tergantung:
    1. Film master
    2. Master Paper plate seng
    3. Mesin cetaknya

    kira-kira punya pak. wido gmn?
    Makasih usernya, nanti aku coba. Nanti klo dibuatkan user kirim via email: Janetafadya@gmail.com ato Konyilku1@yahoo.com
    Thanks...

    BalasHapus
  4. ayo..ayo..yang mo nikah..yang mo ngundang temen e makan - makan.., ide bu guru bisa dicoba..

    BalasHapus
  5. Setuju banget...asal ada kreatifitas dan kemauan dengan bermodalkan komputer P III dan printer Deskjet (saya pakai Canon Pixma 1700 / Epson C90 Inpus) dan sedikit pemahaman aplikasi MS word syukur-syukur memahami juga aplikasi corel atau photoshoop kita bisa buat undangan sendiri dengan kualitas yang tidak kalah dengan yang dibuat oleh percetakan...yang tentunya dapat menekan anggaran undangan ya lumayan bisa dialihkan untuk anggaran yang lain...
    nah kalau kita sudah terbiasa membuatnya hal ini juga bisa mendatangkan uang ya lumayan untuk usaha sambilan...bukan begitu mbak umi...salam kenal juga...

    BalasHapus
  6. salam kenal bu dari kami ,
    kami juga mencoba utuk usaha di bidang cetak mencetak , tapi kami masih baru dan masih belum cukup pengalaman ... tapi kami bertekat untuk menguasai bidang ini se dalam-dalmnya dan kami mohon dukungannya ... saat ini kami masih memerlukan banyak pembelajaran dan banyak informasi mengenai cetak mencetak ...untuk itu kami mohon di informasikan tempat toko kertas dan tempat cetak yang berkualitas bagus di mana bu...o ya ada informasi nda untuk harga-harga mesin cetak .trimakasih

    BalasHapus
  7. Kalau untuk daerah solo dan sekitarnya, biasanya untuk pembelian alat2 sablon, kertas dan jasa cetak dengan mesin ada di daerah Pasar Kliwon.. tepatnya dari PGS (Beteng) ke arah selatan, di sepanjang jalan banyak sekali toko-toko kertas dan jasa cetak juga settingnya...

    BalasHapus
  8. Artikel yg bagus, btw ada contoh design undangan pake MS WORD gak buat sy donlot? Makasih

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum
    Ada yang tahu jasa pembuatan kalep Al-Qur'an atau agenda di kota Solo dan sekitarnya? Saya sangat membutuhkan dalam waktu dekat ini. Terimakasih.

    BalasHapus
  10. saya sangat suka dengan tulisan ini.saya dulu pernah kerja jd desainer undangan di jogja.saya warga asli solo.dan itupun sebatas designer.
    nah udah setahun ini saya vakum dari dunia undangan...karna saya kerja di media dan pengn balik lg ke bisnis undangan...untuk menyambung hidup dan menabung tentunya hihihi...
    saya sama sekali buta cetak di solo...
    kemarin tiba2 sodara saya ada yang minta tolong dibuatin undangan,saya bingung gimana saya harus mulai dan kemana saya harus cetak di solo?
    mohon bantuannya...
    tolong klo ada yang bs membantu

    BalasHapus
  11. saya punya pengalaman cetak undangan di solo, saya beli kertas di pasar kliwon, trus bikin plate nya di hotel sahid ke barat sekitar 300 m trus belok ke utara 100 m timur jalan, lupa saya nama tempatnya, trus kalo cetak nya saya ke mas antok, di sebelah selatan lapangan tugu lilin pajang jadi dari tugu lilin ke selatan 100 m ada lapangan sepak bloa di sebelah selatannya ada jalan ke barat 100m rumahnya di selatan jalan agak masuk gang..

    BalasHapus
  12. lalu bagaimana dg sistem cetak foil dan emboss??
    kira2 biayanya brp??

    BalasHapus
  13. klo cuma pesen kertasnya bisa apa ndak?q lagi cari kertas tp ga tau jenis kertasnya tp ada contonya,,,tolong ya!!!085259999939

    BalasHapus
  14. Kalo mo beli mesin cetaknya ada gak bu??kalo ada yang toko 820

    BalasHapus
  15. selamat siang. wah menarik seklai tulisannya. kalau boleh minta bantu informasi. kebetulan di rumah saya buka jasa cetak undangan nikah juga (newbe) baru dapat beberapa softcover... hanya saja belum bisa cara ngeprint nya... (cape..deh) mohon dikasih Info. email habibicenter@ymail.com

    BalasHapus
  16. kalau untuk saat ini,biaya nya brp ya... :-p mohon info nya yang terbaru donk... terimakasih sebelumnya... info ke sepfunia@yahoo.com

    BalasHapus
  17. wah...kena inflasi buuuuuu....

    BalasHapus
  18. saya juga baru belajar buat bisnis wedding card...agak ribet memang,buat paper plate di sini...beli kertas di situ...cetaknya di sana....jalanan macettttttttt.Kalo orang kaya ato yang nggak mau ribet mending langsung ke konter saya....pilih pilih desain ,bayar DP dan tunggu 1 minggu jadi...WEDDING CARD JOGJA mas tendi 0896.3868.9669/WA 0822.2706.0676

    BalasHapus
  19. sip sip sip....dengan share ilmu ini,semoga yang nulis mendapatkan pahala sepanjang dibaca orang terus...amin

    BalasHapus
  20. DIJUAL KERTAS " KARTU TIK / CONCORD IMPORT ' :
    - BARANG BARU
    - UKURAN PLANO
    - ADA 10 WARNA
    - MINIMAL PEMBELIAN PER 100 LEMBAR ATAU DIBORONG SEMUA
    - COCOK UNTUK : KARTU NAMA , KARTU UNDANGAN , KEBUTUHAN TOKO KERTAS , DIGITAL PRINTING , OFFSET , DLL
    - BARANG AMAN & RESMI
    - HARGA RP.2500/LEMBAR (NEGO)
    - SIAP KIRIM KE SELURUH INDONESIA
    - ONGKOS KIRIM DITANGGUNG PEMBELI

    INFO HUBUNGI SEGERA : BENI = 089650091317 ( SMS & WHATSAPP )

    CATATAN : BARANG YANG SUDAH DIBELI TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN !!!

    BalasHapus



Terima kasih atas komentarnya