22 Oktober 2008

Gaji Guru Bakal naik 100 %?

Syukur Alhamdulillah jika gaji guru naik 100%, jadi aku tidak susah lagi ngatur ongkos naik bus. Jika gaji guru bakal naik 100% sebetulnya itu wajar-wajar saja, mengapa? Karena dibandingkan dengan negara-negara lain gaji guru di Indonesia memang jauh sekali perbedaannya. Tapi yang menjadi pertanyaan, "Apakah peningkatan kesejahteraan guru juga akan diimbangi dengan peningkatan kualitasnya juga?".
Bicara masalah kualitas guru, kita bisa melihat sendiri bagaimana kualitas pendidikan di negara tercinta kita sekarang ini. Disaat negara lain bisa menciptakan Sumber Daya Manusia yang mumpuni, coba tengok kualitas Sarjana-sarjana di Negara kita tercinta ini. Sarjana di Indonesia tidak siap kerja/pakai untuk bekerja tapi sarjana kita siap di training alias siap di latih untuk bekerja (termasuk aku.. Wekekeke), walaupun tidak semua seperti itu.
Kembali ke masalah gaji guru bakal naik 100%..
Panitia kerja (panja) Belanja Pusat Panitia Anggota DPR menyetujui kenaikan gaji guru pada tahun 2009 sebesar 100% (Wuih,,,,, asyik dong). Sedangkan besaran tunjangan bagi guru di daerah terpencil masih diperdebatkan. (Klo menurutku ya naikkan 200% aja,, he..he..).
Dengan asumsi jika pendapatan guru pada tahun 2008 maksimal Rp. 2.4 juta (Gol IVE bersertifikat) maka pada tahun 2009 akan naik menjadi Rp. 5.4 juta. Belum tunjangan khusus bagi guru yang berada didaerah terpencil yang diperkirakan menjadi Rp. 5.1 juta. Sehingga perbulan guru bakal mendapat gaji di atas Rp. 10juta (Fantastis....makanya jadi guru aja), kalau tunjangan guru didaerah terpencil juga disetujui.
Untuk besaran gaji sudah final, demikian menurut anggota Panja asal PDI perjuangan . Sedangkan tunjangan didaerah terpencil masih diperdebatkan.
Untuk guru didaerah terpencil bila pada tahun 2008 kuotanya hanya 20.000 orang maka tahun 2009 mendatang akan ditambah 10.000 lagi sehingga menjadi 30.000 orang.
Kenaikan gaji guru ini telah disepakati oleh seluruh anggota Panja Belanja Pusar dan Departemen Pendidikan Nasional. Disebutkan gaji terendah guru PNS gol II/b tidak bersertifikat (o tahun ) yang semula Rp. 1.55juta, akan mendapat gaji bulanan senilai Rp. 2.07 jt pada tahun 2009.
Sedangkan untuk guru PNS tertinggi dengan gol IV/e bersertifikat (o tahun) diaji Rp. 2.43juta akan naik menjadi Rp. 5.42 juta pertahun.
Jadi siapa yang gak kepincut/kepengin jadi guru, gajinya saja segedhe itu... maka:
1. Dipridiksi tahun 2009 bila gaji guru jadi naik 100% maka lalu lintas akan semakin padat, karena banyak guru naik mobil.
2. Banyak guru yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
3. Penerimaan CPNS tahun 2008 dari formasi guru bakal melimpah pesertanya..
Buktikan saja prediksi saya... Kalau salah jangan diMarahi ya....

Saya mengajak kepada seluruh guru di negara ini, marilah kita tingkatkan kualitas pendidikan dinegeri kita agar kita tidak ketinggalan dengan negara lain, buat apa juara olimpiade fisika, matematika tapi kita tidak bisa menghasilkan kualitas peserta didik secara keseluruhan termasuk moralnya, tetapi hanya sekeping-sekeping.

JIka para blogger punya OPINI TENTANG GURU bisa di tambahkan di kotak komentar dibawah ini.








Sumber :Di ambil dari berita solo pos hari ini (Rabu/ 22 Oktober 2008)

9 komentar:

  1. Duh,,,, naik lagi.. Kita yang Bukan guru gimana?

    BalasHapus
  2. ugiQ turut berdoa aja... mudah2an bner gaji para guru naik 100%. Amiin... :) "GURU = PEKERJAAN PALING MULIA" :)

    BalasHapus
  3. Betapa Mulianya SeOrang Guru,. Bahkan Meski Gaji diNaikkan 200%, Sungguh Tiada SeBanding Dengan Jasanya..

    BalasHapus
  4. Saya termasuk orang yang sangat menjunjung tinggi profesi dan dedikasi seorang guru.
    Semoga dengan adanya rencana kenaikan gaji ini dapat menjadikan motifasi dan profesionalisme seorang guru dalam menjalankan kewajiban yang sangat mulia ini..
    Sukses untuk Anda...dan salam kenal balik dari saya.

    BalasHapus
  5. nyesel deh aq gak jd "guru beneran" hehe
    hanya guru les...

    lam knal mbk

    BalasHapus
  6. sumpe loe naek 100 persen........asik tar anna dpt bonus dr ibu he...he...ibu nya anna kan guru....tambahan inpo......buat yang ikut sertifikasi bisa lebih loh gajinya.....so para guru tinggal ningkatin prestasi dan kinerjanya saja, kan pemerintah udah ngasih yg terbaek.....guru bukan lagi pahlawan tanpa tanda jasa :))....tetapi pahlawan dengan gaji tinggi...piss guru!!

    BalasHapus
  7. wah... jadi tambah mantep kepengen jadi guru beneran nich.. (PNS tentunya) hidup guru... hidup pemerintah.. hidup gaji gede... hehe.. jadine bisa naik Haji... soale dari dulu kalau kerjaan guru jarang yang bisa naik Haji... hehe...

    BalasHapus
  8. beneran mi? tp di daerah aku, guru2nya msh pada ragu loh mi, jng2 krn udh deket pemilu, so cari masa gt. bener gk mi?

    tp klo mang bener jd naek 100%, wah seneng banget aku hehe...

    BalasHapus
  9. Saya tetep salut dengan guru saya dulu. Gaji per bulannya tidak pernah diambil. Dia memang punya usaha, dan pekerjaannya sebagai guru adalah semata-mata kegiatan sosial. Itulah contoh guru yg baik, mengajari murid2nya menjadi seorang pemberi. Kata guru saya tersebut adalah "jadilah entepreneur"!!! "jadilah seorang pemberi"!!

    BalasHapus



Terima kasih atas komentarnya