15 Oktober 2008

Usaha Apa ya..?

Setiap hari pasti kuluangkan waktuku untuk membuka internet, entah sekedar mencari artikel atau mencari sesuatu. Tapi yang paling aku senangi ketika didepan komputer adalah mencari artikel tentang Wirausaha atau membaca kisah-kisah orang sukes dalam usaha yang dimulai dari 0 (nol) Banyaknya artikel/berita , postingan yang berhubungan dengan dunia usaha tentunya membuatku terpacu untuk melakukannya juga, apalagi di tempatku banyak peluang usaha potensial yang belum di garap dan perlu untuk di coba. Disamping itu juga, Sumber daya manusia yang melimpah tapi belum terolah secara maksimal(Murah dan efektif).
Sampai saat ini dalam angan-angan sudah ingin sekali untuk memulai usaha,, tapi juga masih bingung usaha mana yang bisa dijalankan karena menyangku banyak faktor yang masih menjadi pertimbangan, seperti Modal, Relasi dan pemasaran.
Saya ingin sekali menimba pengalaman dari para BLOGGER yang sudah sukses memulai usaha dan sudah berjalan dengan baik.
Dulu setelah lulus dari kuliah, saya dan suami pernah membuat Percetakan yang meliputi jual jasa Percetakan, sablon dan Jasa Desain Setting. Sebenarnya usaha sudah berjalan dengan baik dan omzetnyapun sudah besar untuk seukuran saya. Dalam satu hari bisa berkisar dari Rp. 100.000- 200.000 rb. Waktu pertama kali memulai usaha ini di awali dari kepanikan saya dan suami. Kami Menikah pada usia muda dan masih kuliah, dua tahun setelah menikah kami dikarunia seorang anak,, pada waktu itu aku belum selesai kuliahnya padahal sudah mau skripsi dan suami sudah lulus. Suamiku waktu itu bekerja pada sebuah perusahaan besar Farmasi di surabaya.Tapi karena jauh dari keluarga akhirnya memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan kembali ke purwodadi. Karena mendapat motivasi dari teman, orang tua untuk segera menyelesaikan kuliah setelah hampir 1 (satu) tahun vakum. Dan Alhamudillah akhirnya bisa di wisuda juga, tapi kegembiraan itu tidak berlangsung lama, karena aku dan suamiku harus segera berfikir bagaimana caranya untuk mendapatkan uang untuk membeli susu buat anaku. Biarpun masih mendapat suplay dari orang tua tapi rasanya malu sekali...
Berawal dari itu, aku dan suami muter tiap hari, survey ketempat-tempat usaha dan kebetulan aku mampir di daerah pasar kliwon solo. Di sana banyak sekali toko-toko kertas dan mesin-mesin cetak, tapi anehnya kok laku semua.. di rumah kami diskusikan bersama dengan orang tua, dan kami sepakat untuk mencoba usaha percetakan.
Pertama yang aku lakukan mencari modal, waktu itu mo pinjam orang tua malu, mo cari utangan ke bank susah. Akhirnya dengan terpaksa aku menjual mobil untuk mendapatkan modal, dengan modal itu yang ada aku membeli Mesin Cetak Merk Hamada. Kebetulan kami bisa design grafis dikit-dikit akhirnya sekalian buka jasa design.
Alhamdulillah usaha yang aku rintis mulai berjalan dengan baik, suamiku pada awalnya ngamuk terus,, latihan nyablon gak bisa-bisa, tapi akhirnya lancar.
Sebetulnya usaha dari bisnis percetakan undangan dll untungnya sangat besar, mendapat pesanan undangan seharga Rp. 2.000,- kita hanya modal separonya saja. bayangkan kalau dapat order sekitar 1000 buah. tinggal kalikan aja 1000 x 1000 = Rp. 1jt. Kalau dalam prosentase 50 100% keuntungannya. Padahal pengerjaannya gak sampai 2 hari dibantu karyawan tidak tetap.
Pada tahun 2004 ada pendaftaran CPNS, suamiku ikut mencoba daftar dan alhamdulillah Keterima.. di saat itu karena masih CPNS harus tertib dan full time di kantor akhirnya usaha kami sedikit terbengkelai. Pada tahun 2005 alhamdulillah aku juga menyusul suami diterima PNS di Kabupaten Sragen. Akhirnya usaha kami bener-bener berhenti karena gak ada yang ngurus. Akhirnya mesin cetak aku jual saja, pada waktu itu aku jual murah, cuma Rp.25 Juta saja.
Sekarang aku nyesel deh,,, kenapa dulu gak digarap secara profesional, waktu itu aku belum bisa percarya pada orang yang menghandle usahaku.
Mau memulai lagi, dah terlanjur banyak Jasa percetakan di tempatku, jadi rasanya berat untuk bersaing dengan mereka.
Buat para bloger yang ingin berbagi pengalaman usaha kasih link ke blog ini ya.. atau kasih komentar dibawah ini.
Kalau ada blogger yang sudah sukses berbisnis, tularkan ilmunya.. jangan disimpan sendiri. Yang pasti,, Pengin rasanya memulai usaha lagi.. tapi masih bingung usaha apa?




7 komentar:

  1. Makasih mbak astra atas sarannya, tadi bloggernya lagi ada masalah.....jadi gak bisa posting ya mbak...

    BalasHapus
  2. buka usaha digital photo aja mba? modalnya ga gede ko tp hasilnya lumayan

    BalasHapus
  3. salam kenal mbak.. ngajar yah? aku pernah ngajar TK, uda nggak sekarang.. waktu itu nyari "keranjang" kedua income dengan ikut lomba nulis untuk guru dari depdiknas, nulis-nulis juga..
    sekarang "keranjang" keduanya didapet dari merintis bisnis di www.smarteasybiz.com,
    bisnis yg starting capitalnya cm 40rb, dan investasi waktu unt hasil yg luarbiasa..
    aku masih punya passion unt bikin bakeryshop sm toko garmen di belitung.. tapi entar kl modal dari bisnis pertama tadi uda ngumpul..

    BalasHapus
  4. dear semuanya,sy ingin bercerita sedikit tentang saya . berawal sewaktu saya masih kuliah saya tidak pernah mencita-citakan menjadi pns, sampai tamat kuliah saya mulai mencari pekerjaan mulai dari pulau sumatera sampai pulaU JAWA , sudah terasa apa yang dinamakan dengan mencari kerja, setiap persinggahan saya , title atau ijazah juga ipk setiap perusahaan hanya menghargai paling tinggi 950rb per bulan bahkan ada yg menghargai 200rb. seiring dengan waktu keluarga saya pun ada yg terkena musibah. akhirnya saya pulang kampung dan mulai mencari kerja di kampung saya, dan hasilnya sama seperti selama ini maklum hidup saya perbulan mungkin hanya hidup dgn pas-pas an shg terbetik hati saya utk memulai usaha , usaha pertama yg saya jalani, adl jualan bensin eceran di pinggir jln (silahkan tertawa), dgn modal yg tak lebih dr 150rb. berjln dgn wkt hasil tersebut mulai saya kembangkan utk buka usaha baru yaitu berjualan pulsa tanpa meninggalkan usaha yg pertama, hasil dr usaha tersebut saya kumpulkan sedikit-demi sedikit dan saya muai membuka usaha yg ketiga yaitu server pulsa,sukses dr server pulsa saya pun mulai mengembangkan lagi membuka usaha warnet alhamdulillah penghasilan saya saat ini perbulan minimal 150jt. dan semua usaha tersebut sampai detik ini tidak ada yg saya tinggalkan bahkan saya menghandle sendiri tanpa karyawan . singkat kata dr usaha usaha yg pernah saya jalani tersebut sangat lah banyak cobaan dan persaingan tapi saya hanya mempunyai satu kata kunci yaitu setiap segala sesuatu pasti ada jln keluarnya . mungkin utk saat ini saya akan mengembangkan usaha lagi dan masih dlm roses pemikiran saya. bagi teman-teman yg mau sharing melalui tlp/sms no saya 085758516789 semangatttt

    BalasHapus
  5. Coba aja gabung disini gan..... http://komisivirtual.com/?id=movebis

    BalasHapus
  6. Mba' dan suami termasuk bejo ! Buka usaha berhasil, masuk pns berhasil. Itu mungkin karena mba' dan suami dan seluruh keluarga termasuk kelompok baik, tidak macem-macem. Untuk itu mari kita syukuri kurnia Alloh itu. Alhamdulillah ....

    BalasHapus



Terima kasih atas komentarnya